Pencarian Media Pembelajaran Matematika di GeogebraTube

Oleh: Muh.Tamimuddin H.
Geogebra merupakan salah satu software pembelajaran matematika yang cukup handal. Geogebra dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran geometri, aljabar, kalkulus serta statistik. Software yang pertama kali  dikembangkan oleh Markus Hohenwarter ini dapat membuat media pembelajaran berupa lembar kerja yang dinamis (dynamic worksheet). Geogebra dapat diperoleh secara gratis dari http://geogebra.org. Untuk menjalankan Geogebra diperlukan Java Runtime Environtment (JRE) yang dapat diunduh darihttp://java.com/getjava.
Secara umum penggunaan Geogebra relatif mudah,
misalnya untuk membuat garis atau bangun sederhana. Namun, bagi pengguna pemula barangkali masih agak kesulitan untuk membuat lembar kerja yang dinamis dan interaktif. Meski demikian, kita tidak harus selalu membuat lembar kerja sendiri dengan Geogebra ini. Ada salah satu situs di Internet yang memuat banyak lembar kerja dinamis yang dibuat dengan software Geogebra. Situs ini beralamat di http://geogebratube.org. Pengguna yang masih pemula dengan penggunaan Geogebra dapat mengunduh banyak contoh yang siap pakai atau nantinya dapat dimodifikasi ulang sesuai kebutuhan.


geogebra
Selain artikel PDF di atas, Anda juga dapat mengikuti video panduan secara visual berikut (namun disarankan Anda mendownload dan mempelajari artikel-nya terlebih dahulu)
titangkap dari: http://p4tkmatematika.org/2012/02/pencarian-media-pembelajaran-matematika-di-geogebratube/

0 komentar:

Posting Komentar